Gua Langir, Wisata Tempat Kamu Bisa Menikmati Pantai dan Gua Sekaligus

Sawarna terkenal akan keindahannya. Tapi bukan hanya pantainya saja, karena di sini terdapat Pantai Gua Langir yang menjadi salah satu tempat wisata favorit di Sawarna. Tempat ini unik dan berbeda dari yang lain karena di sinilah kamu bisa menikmati wisata pantai dan gua sekaligus.

Pantai Gua Langir cenderung sepi dan terletak 2 km dari pusat keramaian. Jadi, tempat ini cocok untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata yang masih belum terlalu banyak pengunjung dan masih sepi dari wisatawan.

Batuan karang di pantai ini memiliki beragam deretan stalagmit dan stalagtit yang membuatnya kelihatan makin gagah dan menawan. Gua Langir sendiri memiliki lebar 3 meter dan tinggi mencapai 10 meter. Memasuki guanya, kamu akan merasakan tetesan air yang jatuh karena guanya sendiri cukup lembab.

Gua Langir cukup dalam dan menembus tebing hingga beberapa kilometer. Tapi sayang di beberapa bagian sudah banyak yang longsor dan menutupi jalan gua sehingga kamu nggak akan bisa masuk ke dalamnya hingga terlalu jauh. Tapi, sebaiknya memang jangan masuk terlalu dalam karena semakin dalam akan ada banyak ular piton dan udara yang beracun.

Bukan cuma Gua Langir, di sini sebenarnya juga terdapat beberapa buah gua lainnya seperti Gua Kanekes, Gua Harta Karun, Gua Seribu Candi, dan masih banyak lagi. Jadi, kalau kamu ingin menjelajah dan melihat-lihat di dalam gua, sebaiknya jangan lupa bawa senter karena di dalamnya sangat gelap.

Selain pesona guanya yang cantik, kamu juga bisa menikmati pantainya yang cantik dengan hamparan pasir putih yang membentang. Kemudian di beberapa sisi terdapat tebing-tebing terjal yang kokoh berdiri dan membuat pantai Gua Langir telihat begitu gagah.

Karena tempatnya masih cenderung tersembunyi, keindahan pantai ini masih belum terlalu dikenal. Tapi justru hal tersebut bisa menjadi hal yang positif jika kamu memang mencari ketenangan di tepian pantai.