Patuhi Etika Bepergian Dengan Pesawat

Dulu bepergian naik pesawat hanya bisa dilakukan kaum borjuis atau orang kaya. Tapi sekarang, semua orang bisa menjelajahi daerah domestik maupun internasional dengan pesawat. Pesawat jadi andalan karena waktu yang ditempuh lebih cepat dari transportasi lainnya dan harganya yang sudah terjangkau dari berbagai kalangan apalagi kalau ada promo.

Karena banyaknya orang yang menggunakan secara bersamaan, pesawat terbang jadi seperti ruang publik. Untuk itu diperlukan etika saat naik pesawat, agar kenyamanan dengan penumpang lainnya dapat terjaga. Ini dia 6 etika yang perlu kamu tahu:

1. Patuhi peraturan maskapai

Dengarkan dan pahami setiap peraturan yang diberitahukan oleh awak pesawat. Mulai dari cara penggunaan seat belt, pintu darurat dan mematikan alat komunikasi. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan bersama.

2. Instruksi keselamatan

Bagaimana cara mengembangkan pelampung? Atau apa yang harus dilakukan saat selang oksigen jatuh? Selalu perhatikan instruksi yang diperagakan oleh para awak pesawat atau paling tidak kamu membaca panduan yang ada di kantong kursi di depanmu.

3. Gunakan toilet dengan bijak

Toilet sudah bisa digunakan apabila lampu tanda seat belt dimatikan. Biasanya tersedia kurang lebih dua bilik toilet di dalam pesawat. Jika sudah selesai menggunakan toilet, pastikan kamu meninggalkannya dalam keadaan bersih, ya dan jangan terlalu lama juga karena masih banyak penumpang lain yang mau menggunakannya.

4. Kursi sesuai boarding pass

Pastikan nomer kursi sudah tepat sesuai dengan boarding pass yang kamu pegang. Jangan sampai kamu malah menduduki kursi orang. Tentu saja nantinya akan membuat penumpang lain tidak nyaman.

5. Berbagi kabin

Sesuai dengan peraturan maskapai, bagi kamu yang membawa koper di atas 20inch harus masuk bagasi. Jika koper ukuran dibawah 20inch bisa ditaruh di ruang penyimpanan diatas tempat duduk. Pastikan, kamu juga membagi ruang penyimpanan koper untuk penumpang lain. Apabila membawa dua buah tas, sebaiknya satu saja yang disimpan di dalam kabin. Yang berukuran kecil letakkan di bawah kaki kamu.

6. Bersikap ramah dengan awak pesawat

Nggak hanya penumpang saja, tetapi kepada awak pesawat kita juga harus saling menjaga sopan santun. Apabila kamu diingatkan untuk menegakkan kursi pesawat karena sudah mau mendarat, turuti. Biar bagaimana pun awak pesawat bekerja mematuhi aturan yang sudah ada, untuk keselamatan bersama.

Supaya perjalanan di dalam pesawat dapat berjalan dengan lancar dan selamat sampai tujuan, pastikan kamu memahami etika di atas, ya. Jangan lupa cek Indonesia Flight dan dapatkan promo menarik. Have a nice dan safe flight!

Credit Photo: Unsplash, Freepik