7 Pulau Seindah Surga di Indonesia yang Bikin Stressmu Ilang Seketika

Banggalah kita bisa tinggal di Indonesia, surga tropis dengan pemandangan yang begitu menakjubkan. Mulai dari pegunungan yang tinggi, hingga lautan yang luas, kita punya semuanya.

Nggak perlu jauh-jauh ke Hawai atau Maladewa jika ingin menikmati keindahan pantai, laut, dan segala seisinya. Karena Indonesia juga memiliki banyak pulau-pulau tropis seindah surga yang dijamin bakal bikin kamu bahagia dan nggak pengen pulang dari sana.

1. Karimun Jawa

Karimun Jawa adalah rangkaian kepulauan yang terletak di kawasan Laut Jawa. Rangkaian 27 pulau ini dikenal sebagai tempat yang indah dan aman untuk petualangan menyelam. Meski begitu, daya tarik terbesarnya adalah pantai-pantainya yang masih bersih, jernih dan nggak terkotori oleh tangan-tangan jahil.

Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari menjelajahi pantai, snorkeling, atau sekadar bersantai di tepi pantai. Ada banyak pulau-pulau di sini yang bisa kamu jelajahi. Yang paling terkenal diantaranya adalah Pulau Tengah, Tanjung Gelam, dan Menjangan Besar yang disebut paling cantik.

2. Bunaken

Bunaken adalah sebuah pulau yang terletak di ujung Sulawesi dan terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang luar biasa. Pulau ini sudah mendunia dan terkenal karena keanekaragaman biota lautnya yang luar biasa. Di Bunaken setidaknya ada 2 ribu spesies ikan dan ada begitu banyak jenis karang.

7 dari 8 spesies kerang raksasa di dunia bisa ditemukan di Bunaken. Tempat ini juga memiliki 7 kali lebih banyak keluarga karang dari Hawai. Nggak cuma itu saja, perairan di pulau ini juga menjadi tempat tinggal lebih dari 70 persen spesies ikan Indo-Western Pasifik yang diketahui. Itulah alasan kenapa Bunaken jadi tempat yang sempurna untuk menyelam dan menikmati keindahan bawah lautnya.

3. Wakatobi

Wakatobi adalah gugusan kepulauan cantik di wilaya Sulawesi Tenggara. Nama Wakatobi ini diambil dari singkatan 4 pulau yang ada di kepulauan tersebut yaitu Wangi Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Sama seperti Derawan, Wakatobi juga terletak di sudut terpencil Indonesia.

Tempat ini terkenal sebagai tempat menyelam yang menakjubkan. Bahkan diantara para penyelam profesional, Wakatobi disebut sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Nggak cuma itu saja, pulau-pulau ini juga makin terkenal di antara para fotografer baik amatir maupun profesional karena karangnya yang cantik dan keragaman biota lautnya.

4. Derawan

Kepulauan Derawan adalah surga tropis yang terletak di Kalimantan Timur. Surga tropis ini terisolasi dari pulau-pulau besar lainnya. Untuk menikmati tempat ini saja, kamu harus beberapa kali ganti pesawat. Tapi justru hal itu juga yang membuat tempat ini benar-benar terjaga kealamiannya.

Kepulauan Derawan menawarkan pantai berpasir putih sempurna dengan pohon-pohon palem yang mengayun di tepiannya. Air laut berwarna biru kehijauan membuat pantai ini terlihat makin indah. Di dalam perairan ini terdapat ratusan jenis karang dan ikan yang menunjukkan betapa kaya sebenarnya lautan Indonesia.

5. Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat terdiri dari beberapa pulau yaitu Misool, Salawati, Batanta, Waigeo, dan 1.500 pulau-pulau kecil lainnya. Raja Ampat adalah tempat yang sempurna untuk berelaksasi, serta mengumpulkan kembali energi dan semangat kamu.

Di tempat ini, kamu bisa menyaksikan pulau-pulau cantik baik jauh maupun dekat di setiap mata memandang. Kepulauan Raja Ampat selalu membuat para penyelam terkagum-kagum dengan banyaknya makhluk laut yang tinggal di dalamnya mulai dari ikan, kerang, karang, dan banyak lagi.

6. Pulau Komodo

Bagi kebanyakan orang, saat menyebut Pulau Komodo pertama kali yang melintas di kepala adalah binatang raksasa yang seram. Tapi sebenarnya, yang unik di sini bukan cuma binatang Komodo saja. Pulau Komodo juga cocok untuk berwisata serta relaksasi.

Wilayah ini dulunya cuma dikenal oleh para penyelam pemberani saja, tapi sekarang pulau Komodo sudah menjadi lokasi menyelam dan snorkeling yang populer bagi setiap orang. Kalaupun tidak bisa berenang, pulau ini juga cocok sebagai tempat untuk sekadar bersantai, apalagi dengan adanya pink beach atau pantai berpasir pink yang begitu cantik.

7. Mentawai

Mentawai adalah pulau yang tenang dan sunyi meski lokasinya nggak terlalu jauh dari pulau yang utama. Tapi, pulau cantik ini langsung menjadi perhatian masyarakat berkat anginnya yang kencang dan ombak yang nggak bisa diprediksi membuat banyak peselancar di dunia mencoba menantang perairan Mentawai.

Pulau ini disebut sebagai tempat terbaik untuk berselancar di Indonesia. Tapi, meski dikenal luas sebagai tempat sempurna untuk surfing, hanya mereka yang sudah berpengalaman saja yang bisa menantang laut di Mentawai karena banyaknya bebatuan dan karang tajam di sekitarnya. Sebagian besar wilayah pulau Mentawai masih tertutupi oleh hutan tropis.

Memang nggak perlu jauh-jauh ke Hawai atau Maladewa cuma untuk melihat surga tropis. Indonesia juga punya dan kamu hanya perlu terbang dengan jarak yang lebih pendek. Tinggal pesan tiket pakai aplikasi Indonesia Flight menuju daerah yang ingin kamu tuju maka kamu sudah sampai di surga tropis Indonesia. Nggak perlu takut kemahalan, karena tiket pesawat di Indonesia Flight itu memang lebih murah, apalagi dengan promo-promo diskonnya. Jadi, liburanmu bakal lebih hemat deh.

Makanya, ayo segera kemasi barangmu dan berangkat ke surga tropis di Indonesia!