Deretan Kepingan Surga di Baubau, Sulawesi Tenggara yang Wajib Kamu Kunjungi

Deretan Kepingan Surga di Baubau, Sulawesi Tenggara yang Wajib Kamu Kunjungi
Sulawesi Tenggara terkenal memiliki pesona wisata yang indah. Selama ini Pulau Buton yang ada di provinsi tersebut terkenal dengan produk Aspal. Tapi dibaliknya, kamu akan menemukan kepingan-kepingan surga yang menakjubkan untuk dikunjungi di sana.

Kota Baubau di Pulau Buton adalah salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi. Di sini kamu akan menemukan wisata sejarah sampai pantai dengan pemandangan yang begitu menakjubkan dan memesona.

1. Benteng Keraton Buton

Salah satu tempat wisata sejarah yang paling terkenal di Baubau adalah Benteng Keraton Buton. Benteng ini dibangun pada abad ke-16 oleh Sultan Buton III yaitu La Sangaji. Awalnya benteng ini hanya dibangun dari tumpukan batu yang disusun mengelilingi istana.

Tujuan dibangunnya batu-batu ini sebagai pembatas antara kompleks kerajaan dengan perkampungan. Selanjutnya pada masa pemerintahan Sultan Buton IV yaitu La Elangi, tumpukan batu itu dijadikan benteng permanen.

Benteng ini memiliki 12 pintu gerbang dan 16 meriam yang masih bisa kamu lihat hingga saat ini. Karena letaknya di puncak bukit yang tinggi, benteng ini menjadi tempat pertahanan terbaik pada masa itu.

2. Pantai Nirwana

Sesuai dengan namanya, Pantai Nirwana punya pesona yang cantik seindah surga. Panjang garis pantainya mencapai 4 kilometer dengan hamparan pasir putih yang luas dan lembut. Pantai ini menjadi primadona di Baubau karena kecantikannya. Apalagi karena pantai ini mudah dicapai dengan jarak yang hanya 15 menit dari kota Baubau.

Selain pasir pantainya yang cantik dan berwarna putih bersih, kamu juga akan terpesona dengan air lautnya yang berwarna biru jernih. Kamu bisa menikmati berbagai kegiatan menyenangkan di sini seperti berenang atau sekadar bersantai di tepiannya.

3. Bukit Palatiga

Kamu juga bisa menikmati kota Baubau dari ketinggian dengan pemandangan yang cantik di Bukit Palatiga. Di sini kamu bisa dengan leluasa menikmati pemandangan kota dengan latar belakang laut di perairan selatan Buton.

Bukit ini sudah ditata dan dipercantik sedemikian rupa. Kamu akan menemukan banyak undakan dan tiang-tiang lampu yang membuat bukit ini makin terlihat cantik dan rapi. Menikmati hembusan angin sepoi-sepoi sambil menikmati pemandangan Baubau akan memberikan suasana yang begitu berbeda dan yang pasti menyenangkan.

4. Air Terjun Samparona

Di Baubau kamu juga bisa melihat wisata air terjun yang cantik dan menakjubkan. Air terjun Samparona yang terletak di Kecamatan Sorawolio juga wajib buat kamu kunjungi saat liburan ke Sulawesi Selatan. Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Baubau, tapi kealamiannya nggak perlu dipertanyakan lagi.

Air terjun ini punya ketinggian hampir 100 meter dengan debit air yang cukup besar. Karena terletak di pegunungan, kamu akan merasakan hawa yang begitu sejuk dan segar saat berkunjung ke air terjun cantik ini. Air terjun ini dikelilingi dengan pepohonan dan tanaman hijau yang begitu subur dengan kolam air berwarna kehijauan yang membuat pemandangannya terlihat makin mempesona.

5. Gua Lakasa

Sudah ada pantai, perbukitan, air terjun, dan wisata sejarah, maka selanjutnya mampirlah ke Gua Lakasa. Yang membuat gua ini lebih unik dan mempesona adalah air yang sebening kristal di kedalaman 120 meter.

Di sini, kamu nggak hanya bisa menikmati pemandangan gua yang horor dan misterius lengkap dengan stalaktit dan stalakmitnya. Kamu juga bisa menikmati dinginnya air di dalam gua dengan berenang di sana. Dijamin akan memberikan kamu pengalaman seru yang nggak ada duanya!
Sulawesi Selatan memang masih kaya dengan pesona yang luar biasa menakjubkan dan cantik.

sayang sekali kalau kamu sampai melewatkan kepingan-kepingan surga yang ada di provinsi Sulawesi ini. Makanya, langsung aja meluncur ke sana dan berpetualang di indahnya pesona Sulawesi Selatan.