Biar Foto Liburanmu Keren, Kamu Perlu Baca 5 Tipsnya Dulu

Sebagian orang mengatakan kalau mengambil terlalu banyak foto waktu liburan itu artinya nggak menikmati keindahan tempat wisata tersebut. Sebenarnya hal ini nggak sepenuhnya benar kok, karena foto yang diambil juga sebenarnya buat mengabadikan momen indah yang nggak setiap hari disaksikan.

Nah, biar kamu bisa menikmati momen liburan tapi tetap punya foto-foto kenangannya, usahakan setiap foto yang diambil benar-benar keren. Jadi nggak perlu bolak-balik ngambil foto gara-gara yang sebelumnya nggak kelihatan bagus. Makanya, yuk intip tipsnya dulu berikut ini.

1. Ambil Foto dengan Subjek Agak ke Tepi

Foto dengan latar belakang pemandangan itu bisa jadi salah satu cara untuk mengabadikan indahnya lokasi wisata yang kamu kunjungi. Cara terbaik untuk mengambil foto semacam ini adalah dengan meletakkan subjek sedikit berada di samping alias nggak terlalu di tengah.

Ini adalah teknik yang juga sering disebut ‘Rule of Thirds’. Jadi, bayangkan kamu membuat garis secara vertikal dan horizontal di sepertiga bagian frame. Lalu, pastikan objek yang akan kamu foto terletak di sekitar bertemunya dua garis itu tadi sehingga fotomu terlihat seperti gambar di atas. Nah, jadi lebih proporsional kan fotonya?

2. Nggak Perlu Memaksa Anak Kecil Untuk Pose dan Senyum ke Kamera

Mau memotret anak kecil itu kadang susahnya minta ampun. Disuruh berkumpul dan meminta mereka tersenyum bisa makan waktu yang cukup lama. Tapi sebenarnya kamu nggak perlu kok memaksa mereka berjajar rapi, diam dan senyum menghadap kamera.

Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah biarkan saja mereka bertingkah konyol atau apapun saat kamu akan mengabadikan gambar mereka. Justru potret yang seperti ini bakal kelihatan alami dan nggak terkesan dipaksakan. Momen seru liburan juga tetap bisa tertangkap kamera dengan baik.

3. Ambil Gambar dari Sudut yang Beda

Saat mengambil foto, kebanyakan orang berdiri dalam posisi tegak dan diam. Tapi sebenarnya itu bukan satu-satunya cara buat memotret. Kamu juga bisa kok memotret dari sudut yang berbeda dan hasil gambarnya juga akan memberi efek yang berbeda juga.

Kalau kamu ingin membuat subjek yang kamu potret kelihatan lebih kecil atau imut, cobalah mengambil foto dari sudut yang lebih tinggi. Sebaliknya agar objek kelihatan lebih tinggi maka ambilah gambar dari sudut yang lebih rendah. Memotret dari sudut yang berbeda seperti ini bisa memberimu variasi foto yang lebih menarik. Jadi kalau kamu mau bikin kolase, hasilnya pasti bakal lebih bagus.

4. Jangan Ragu Memotret Menghadap Cahaya

Kebanyakan orang nggak akan mau mengambil gambar dengan menghadap cahaya. Gara-garanya, cara mengambil gambar seperti ini juga membuat subjek jadi nggak kelihatan. Tapi bukan berarti kamu benar-benar harus menjauhi cara ngambil foto yang seperti ini.

Manfaatkan kreatifitasmu dan kamu juga sebenarnya bisa mengambil foto yang menarik dengan menghadap matahari. Posisikan kameramu sampai kamu bisa menangkap cahaya tapi juga tetap bisa mengambil gambar objek dengan cantik. Misalnya gambar cahaya diantara pepohonan, pantulan di air, atau siluet objek juga merupakan foto yang kreatif dan keren.

5. Ambil Gambar Momen, Bukan Pose

Kebanyakan orang saat ingin mengambil foto liburan akan dengan bersemangat mengajak orang-orang segera berkumpul dan berpose buat berfoto ria. Nggak masalah sih, tapi kalau foto-foto liburanmu semua model seperti ini bakal terlihat kaku. Pasalnya foto seperti ini biasanya kurang konteks dan nggak menceritakan apa yang terjadi.

Cara yang terbaik adalah dengan mengambil foto secara diam-diam. Esensinya adalah mengabadikan kegiatan yang sedang dilakukan orang-orang, bicara, tertawa, berlarian, main-main, dan sebagainya. Mengabadikan gambar seperti ini akan menghasilkan foto yang lebih menarik dan bisa menjadi memori yang lebih indah.

Nah, dengan beberapa tips tersebut, tentu kamu sudah bisa mengambil foto momen liburan dengan lebih cantik dan efektif. Kalau sudah bisa ngambil foto dengan cantik, berarti siap dong buat berangkat liburan. Jadi, langkah selanjutnya ya menentukan lokasi liburan yang pengen kamu kunjungi. Pesan tiketnya bisa pakai aplikasi Indonesia Flight biar praktis karena langsung dari smartphone. Selain itu, pakai aplikasi ini juga lebih murah dan banyak diskonnya, jadi kamu bisa lebih hemat di biaya pesawat.

Makanya, yuk segera packing dan berangkat liburan!