Tips Merawat Koper Agar Tetap Awet

Koper, salah satu barang paling penting saat liburan tiba. Dimana kamu bisa menyimpan segala macam perlengkapan liburan. Mulai dari pakaian, perlengkapan mandi, sepatu, tas, makanan dan minuman. Tetapi kalau sedang tidak dipakai, koper hanya akan tersimpan di dalam lemari. Tentu saja harus tetap dirawat, agar tidak cepat rusak. 

Ada 6 tips yang bisa kamu lakukan agar koper kamu tetap awet. Ini dia:

1. Setelah dipakai berlibur, segera keluarkan isi koper tersebut. Mulai dari pakaian kotor, oleh-oleh, makanan dan minuman, dan sebagainya.   Pastikan tidak sampai ada yang tertinggal, ya. Meskipun hanya sedikit remahan makanan, kertas, atau tissue sekalipun.

2. Nah, bisa jadi yang satu ini jadi habit kamu selepas liburan. Ya, tidak melepas label tag maskapai. Entah untuk koleksi atau tidak, tetapi label tag harus segera dilepas usai kamu liburan. Agar tidak meninggalkan bekas tempelan. Semakin lama label tag itu menempel semakin susah membersihkan spot kotoran yang tertinggal.

3. Kalau koper kamu tipe hardcase, siapkan lap bersih, beri sedikit air dan lap bagian luar koper hingga roda. Pastikan menyedot debu untuk bagian dalam koper. Agar tidak tertinggal kotoran sedikitpun.

4. Kamper atau kapur barus bisa jadi pilihan tepat untuk menghilangkan bau tidak sedap di dalam koper. Pastikan memilih koper yang berkualitas dan tidak berwarna agar tidak meninggalkan noda di dalam koper.

5. Lapisi dengan cover. Sebelum kamu menyimpan koper ke dalam lemari, lapisi dengan sarung khusus sesuai dengan ukuran koper. Hal ini untuk menghindari debu, serangga, dan binatang lainnya.

6. Setelah semua rapi, simpan koper di tempat kering dan tidak lembap. Salah satu spot terbaik yang menjadi favorit para travelers adalah di bagian atas lemari baju.

Selesai! Koper kamu siap dipakai liburan lagi, deh. Jangan lupa kunjungi Indonesia Flight untuk berburu tiket maskapai dengan destinasi favorit. Kamu juga bisa download aplikasi di AppStore atau PlayStore dan dapatkan berbagai macam promo menarik!

Credit photo: Unsplash