Cuma Traveler Cerdas yang Paham Travel Hacks Berikut Ini

Siapa sih yang nggak suka dengan kegiatan traveling? Semua juga pasti pengen menikmati liburan dan melakukan perjalanan serta meninggalkan segala hal yang membuat stres. Tapi sayangnya, semua kegiatan seru tersebut kadang butuh persiapan yang cukup repot serta menghabiskan waktu dan uang.

Tapi, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan biar travelingmu lancar tanpa membuang banyak waktu. Jadi, kalau kamu pengen nyobain traveling bebas stres, intip dulu tips dan triknya berikut ini.

1. Menentukan tempat tujuan

Punya waktu liburan yang cukup lama di tangan, tapi nggak tahu pengen pergi ke mana? Kadang inspirasi memang sulit datang, tapi harusnya dengan banyaknya media yang berbagi informasi tentang liburan seperti sekarang ini bisa banyak membantu.

Kamu bisa mencari tempat wisata keren di instagram, atau pinterest. Mencari contoh itinerary di blog-blog traveling, dan banyak lagi. Dengan demikian, kamu bisa lebih cepat menentukan tempat mana saja yang pengen kamu kunjungi.

2. Menentukan Kapan Berangkat

Menentukan kapan waktu yang tepat untuk berangkat kadang memang bisa sedikit memusingkan. Karena kalau kamu langsung berangkat di momen liburan, hampir pasti kamu akan makin repot. Bukan cuma karena harga-harga tiket yang melambung tinggi, tapi juga karena kebanyakan tempat wisata biasanya penuh oleh wisatawan.

Nah, agar nggak kerepotan, maka kamu bisa mencari tahu dulu musim liburan di kota atau negara yang ingin kamu kunjungi. Pilih tempat wisata yang buka setiap saat jadi agar meski kamu berkunjung saat bukan musim liburan, kamu tetap bisa menikmati tempat wisata tersebut sepuasnya.

3. Buat Salinan Identitasmu Secara Online

Kamu nggak akan pernah tahu apa yang terjadi waktu liburan nanti, apalagi saat kamu jauh dari negara asal. Bisa saja dompet atau passportmu hilang karena satu dan lain hal. Jadi, pastikan kamu punya salinannya dalam bentuk digital.

Buatlah scan atau foto semua kartu identitasmu mulai dari KTP, passport, detail penerbangan, hingga itinerary. Kirim foto atau scan dari identitasmu tersebut ke e-mailmu. Nah, jika skenario terburuknya kartu identitasmu hilang, saat melapor ke kedutaan atau ke kantor polisi, kamu masih bisa menunjukkan identitas tersebut untuk membantu petugas segera menolongmu.

4. Bersikap Seolah Kamu Tahu Semua Tentang Kota yang Kamu Kunjungi

Ketika kamu traveling ke kota lain atau bahkan ke luar negeri, jangan bersikap seolah ini pertama kalinya kamu berkunjung ke sana. Pelajari beberapa frase umum dan bahasa lokal kalau memungkinkan. Berpura-puralah kamu sudah tahu semuanya tentang tempat, bahasa (meski cuma sebagian), dan apapun tentang kota atau negara tersebut.

Tujuan dari trik ini adalah agar kamu nggak sampai kena tipu oleh penduduk lokal. Karena jika terang-terangan menunjukkan bahwa kamu adalah turis, bisa-bisa kamu akan diperas dan jadi habis lebih banyak uang waktu liburan.

5. Trik Memilih Kursi Pesawat

Kebanyakan orang suka memilih kursi di samping jendela atau di pinggir. Jarang ada yang mau duduk di tengah antara dua penumpang lainnya. Jadi, kalau kamu sedang bepergian berdua, pilihlah kursi terpisah, satu di samping jendela, dan satu lagi di pinggir. Karena ketika pesawat nggak penuh, besar kemungkinan kamu bisa menikmati satu baris itu sendiri bersama rekan perjalananmu.

Kalaupun ternyata pesawat pada akhirnya penuh, kamu masih bisa tukar kursi dengan penumpang di tengah. Kecil kemungkinan dia menolak karena duduk di samping jendela atau di pinggir pasti lebih nyaman daripada di antara dua orang.

Nah itulah tadi beberapa tips agar kamu tetap bisa menikmati liburanmu dengan menyenangkan tanpa stres. Jadi, kapan nih kamu berangkat liburan? Jangan lupa pesennya di Indonesia Flight aja biar gampang dan nggak ribet. Harganya juga lebih murah dan selalu banyak promo. Makanya, yuk siap-siap traveling!