Traveling ke Flores, Seru Banget!

Flores punya banyak sekali tempat berpetualang yang wajib kamu kunjungi. Nggak terlalu jauh dari Bali, hanya memakan waktu sekitar 1 sampai 1,5 jam saja dengan pesawat, kamu sudah bisa bertemu dengan keindahan alam yang menakjubkan dan nggak kalah dari Pulau Dewata.

Berlibur di sini, kamu akan merasakan pengalaman yang berbeda dari liburanmu biasanya. Karena Flores punya banyak tempat seru yang wajib untuk dikunjungi jika kamu memang punya jiwa petualang.

1. Labuan Bajo

Labuan Bajo adalah sebuah pelabuhan di kecil di ujung barat pulau Flores dan menjadi gerbang petualangan menakjubkan ke Taman Nasional Komodo. Tapi jangan dikira tempat ini cuma sekadar ‘pintu gerbang’, karena ada banyak hal menakjubkan yang bisa kamu temukan di tempat ini. Labuan Bajo menawarkan pemandangan yang spektakuler dengan pulau-pulau kecil yang terlihat di kejauhan.

Dari Labuan Bajo, kamu bisa lanjut ke Gili Lawa yang terkenal cantik dan mempesona. Tempat ini sering menjadi incaran para diver baik dari dalam maupun luar negeri bahkan di malam hari sekalipun. Kalaupun kamu nggak bisa berenang, cobalah mendaki bukit-bukitnya dan kamu akan disuguhi dengan pemandangan luar biasa dari ketinggian. Tempat ini juga sempurna untuk menikmati sunset ataupun sunrise.

2. Pulau Komodo

Nama pulau Komodo telah begitu tersohor hingga ke berbagai negara di dunia. Di sini tinggal binatang raksasa yang termasuk hewan purba yaitu Komodo dan merupakan satu-satunya tempat ditemukannya populasi binatang ini di dunia. Namun di sini kamu nggak hanya bisa melihat binatang purba ini saja, karena ada banyak kegiatan lain yang bisa kamu nikmati di sini.

Daerah perairan di sekitar Taman Nasional Pulau Komodo ini terkenal sebagai tempat diving yang menakjubkan. Bahkan di beberapa tempat, lautannya cukup dangkal sehingga kamu juga bisa snorkeling sambil menikmati keindahan kehidupan bawah lautnya.

3. Gunung Kelimutu

Siapa yang nggak kenal dengan Kelimutu, keindahannya bukan cuma karena panorama gunung saja, tapi juga dengan adanya Danau Tiga Warna yang berada di puncak gunung tersebut. Tempat ini sejak lama dianggap suci oleh penduduk di sekitarnya dan termasuk keajaiban dunia yang menakjubkan. Meski ketiga danau berada di kawah gunung berapi yang sama, serta dua diantaranya bahkan berbagi dinding kawah, ketiganya memiliki warna yang berbeda. Hal inilah yang membuat takjub setiap orang yang melihatnya.

Bukan cuma danaunya saja yang menakjubkan, pemandangan di sekitar gunung Kelimutu juga jangan sampai kamu lewatkan. Pasalnya gunung ini dikelilingi oleh hutan dengan flora endemik yang jarang ditemukan di tempat lainnya.

 

4. Pink Beach

Di Pulau Komodo, kamu akan menemukan tempat wisata lain lagi yang unik dan bahkan bisa dibilang romantis! Pantai dengan nama Pink Beach atau yang oleh warga lokal disebut dengan nama Pantai Merah ini begitu tersohor karena pasir pantainya yang berwarna pink. Warna tersebut akan semakin terlihat jelas ketika air laut menyapu pasir pantai yang memberikan pemandangan cantik dan romantis.

Pink Beach memiliki pemandangan yang mampu menghipnotis siapa saja yang melihatnya. Airnya yang biru jernih dengan latar belakang bukit di belakangnya membuat tempat ini terlihat bagaikan surga dunia. Ikan-ikan kecil dan karang yang warna-warni juga menambah pesona pantai yang menakjubkan ini.

5. Desa Wae Rebo

Wae Rebo adalah sebuah desa tradisional yang cantik terletak 1.200 meter di atas permukaan laut. Karena diselimuti kabut tipis di seluruh daerah perkampungan, rasanya pantas jika Wae Rebo disebut sebagai kampung di atas awan. Perlu perjuangan untuk bisa mencapai desa ini, tapi apa yang kamu temui sesampainya di sana akan sebanding dengan perjalanan panjang yang telah dilalui.

Di Wae Rebo, kamu akan disebut dengan pemandangan alam cantik berupa gunung-gunung yang berpadu dengan rumah adat penduduk berbentuk kerucut yang unik. Di perkampungan adat ini, hanya terdapat 7 buah rumah yang telah bertahan selama 19 generasi. Hal inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan khususnya turis mancanegara.

Penduduk di Wae Rebo hidup dengan mempertahankan kearifan lokal dan bergantung pada alam. Para pria bekerja sebagai petani atau di kebun kopi, sementara wanitanya menenun. Kesederhanaannya yang masih berpadu dengan alam inilah yang bakal membuatmu terpana melihatnya.

Nah itulah tadi sebagian tempat menakjubkan yang wajib kamu kunjungi di Flores kalau kamu memang suka petualangan. Saat ini memang belum ada penerbangan dari kota Jakarta langsung ke Flores. Tapi untuk ke sini, Indonesia Flight menyediakan tiket ke Labuan Bajo dari Denpasar. Selanjutnya setelah tiba di Labuan Bajo, kamu bisa lanjut naik perahu ke pulau-pulau keren di Flores. Seru!