Traveling Sendirian? Why Not! Ini Tipsnya Biar Nggak Kesepian di Jalan

Bagi sebagian orang, traveling itu enaknya memang rame-rame bersama teman, keluarga, atau orang tersayang. Tapi ada kalanya traveling sendirian itu juga nggak kalah seru, lho. Malah bisa memberimu banyak pengalaman baru.

Meski seru, traveling sendirian juga terkadang bikin kamu merasa kesepian. Nah, untuk mengatasinya, berikut ini ada beberapa tips gampang yang bisa kamu coba.

1. Jelajahi Banyak Tempat

Kalau kamu merasa kesepian saat travelling, berdiam diri di kamar nggak akan banyak membantumu. Jadi manfaatkan waktumu dengan berjalan-jalan, dan jika perlu sekalian saja bawa peta agar nggak tersesat. Kamu bisa mencoba melewati jalanan yang nggak terawat dan melihat ke mana arahnya.

Nggak harus mengunjungi ke satu tempat tertentu. Kamu juga bisa sekadar berjalan dan melihat orang-orang lokal lalu lalang. Kalau kamu takut duduk di kafe sendirian, bawa serta buku atau jurnal. Nggak ada yang salah kok dengan duduk dan menikmati makan sendirian sambil membaca buku. Justru dengan ini kamu bisa menikmati suasana asing di kota yang kamu kunjungi.

2. Terbukalah dan Jangan Takut Bertemu Orang Baru

Salah satu hal yang bisa mengobati rasa kesepian adalah dengan berbicara dengan orang asing. Tapi saat kamu sedang traveling sendirian, siapa yang harus diajak ngobrol? Jawabannya adalah orang-orang yang ada di sekitarmu!

Kalau ada orang asing di kereta yang tersenyum padamu, kamu juga bisa langsung menyapanya. Atau jika kamu melihat seorang backpacker lain, bukan hal buruk juga untuk menyapa dan bertanya ke mana ia ingin pergi. Kamu bisa mengajak bicara siapapun yang ada di sekitarmu, atau jika kamu disapa, jangan takut untuk tersenyum dan ngobrol dengannya.

3. Hubungi Teman Atau Kenalan yang Tinggal di Kota Tujuanmu

Salah satu hal yang menyenangkan dari traveling adalah membuat koneksi dengan orang-orang lain. Agar kamu nggak kesepian, cobalah untuk menghubungi teman atau kenalanmu yang tinggal di kota tersebut. Ajak ia ketemu dan mungkin kalian bahkan bisa liburan bersama.

Atau jika kamu nggak punya teman di sana, cari tahu apakah temanmu punya kenalan yang tinggal di kota tersebut dan gunakan kesempatan itu untuk menambah teman baru. Kamu mungkin punya setidaknya 300 orang teman, dan masing-masing punya 300 lagi. Jika ditotal, ada 90 ribu orang yang berada dalam koneksi tersebut. Dari 90 ribu ini, pasti setidaknya ada satu orang yang tinggal di kota tujuanmu dan mau menemanimu.

4. Manjakan Diri Sendiri

Saat kamu mulai merasa kesepian waktu traveling, berhentilah sejenak dan pikirkan hal-hal yang kamu sukai. Apa mungkin kamu suka menikmati makanan lezat, bersantai di spa, atau menginap di hotel mewah? Nah, kamu bisa melakukan hal yang paling kamu sukai tersebut sesekali.

Memang sih backpackeran bisa jadi berarti liburan hemat. Tapi sekali waktu kamu juga boleh memberi hadiah pada dirimu sendiri dengan sesuatu yang kamu sukai. Misalnya tinggal di hotel selama beberapa saat setelah kemah di alam terbuka selama 2 minggu berturut-turut.

5. Jangan Terlalu Cepat Berpindah Tujuan Wisata

Saat berkunjung ke tempat yang jauh atau baru pertama kali dikunjungi, kadang beberapa orang cenderung memperlakukan traveling sebagai deretan checklist. Parahnya lagi kadang juga berusaha mengunjungi segala tempat wisata itu hanya dalam sehari. Traveling itu lebih dari sekadar berkunjung dari tempat wisata satu ke yang lain apalagi melakukannya dengan kilat. Luangkan waktu untuk meresapi apa yang ada di sekitarmu.

Ketika seseorang traveling secara kilat, mereka bahkan nggak punya waktu untuk memproses semua hal yang mereka lihat. Berteman dengan orang baru, berkenalan dengan penduduk lokal, atau get lost di perjalanan. Dengan tinggal sedikit lebih lama, kamu jadi bisa benar-benar kenal dengan tempat tersebut dan orang-orang di dalamnya. Jadi kamu nggak gampang kesepian.

Nah, sudah tahu kan tipsnya buat traveling sendirian tapi nggak kesepian? Jadi nggak usah takut dan biarkan dirimu menjadi lebih terbuka dengan traveling. Pilih kota atau negara yang ingin kamu tuju, cari informasi selengkapnya, kemudian segera pesan tiketnya. Biar lebih hemat untuk biaya pesawat, pesan tiketnya pakai aplikasi Indonesia Flight saja. Bisa langsung pesan dari smartphone mu dan nggak pakai ribet.

Jadi, ayo traveling!