5 Alasan Kenapa Traveling Tanpa Planning Itu Bikin Rugi!

Saat liburan tiba, rasanya memang pengen segera berangkat jalan-jalan aja. Pengen ke luar kota atau bahkan ke luar pulau dan menikmati segala pesona keindahan yang ada. Maka mulailah kamu berangkat ke lokasi tujuanmu.

Eits, tapi sebenarnya sebelum berangkat, ada baiknya kalau kamu merencanakan liburanmu terlebih dulu. Pasalnya, liburan tanpa planning itu kadang malah bikin kacau dan kamu jadi rugi sendiri. Berikut ini beberapa alasannya.

1. Melewatkan Spot Keren

Traveling tanpa perencanaan tentang tempat mana saja yang ingin kamu kunjungi bisa membuatmu melewatkan spot-spot bagus. Karena jika kamu nggak terlalu familiar dengan kota yang kamu datangi, bisa saja kamu juga nggak paham kalau ternyata banyak tempat wisata menarik lainnya yang hanya diketahui sebagian orang saja.

Misalnya, kamu sedang jalan-jalan di Denpasar. Tanpa mencari tahu, kamu hanya berkeliling saja mengikuti jalan sampai akhirnya tiba sore hari dan waktunya pulang. Nggak tahunya, ternyata di Denpasar ada air terjun Tegenungan yang cantik dan eksotis, namun berada di tempat yang sedikit tersembunyi. Nah, saying banget kan kalau sampai kamu melewatkannya?

2. Susah Cari Alat Transportasi

Kemungkinan selanjutnya adalah sulitnya nyari alat transportasi. Sejak awal memang sebaiknya direncanakan dulu bagaimana kamu akan berkeliling di kota yang kamu tuju. Cari tahu juga jam berapa biasanya angkutan umum berhenti beroperasi.

Hal ini untuk berjaga-jaga seandainya kamu terlalu asyik berpetualang sampai akhirnya lupa waktu. Kamu tentu nggak mau berada di antah-berantah saat malam tiba, kan? Belum lagi kalau ternyata kamu berpetualang sampai ke tempat yang memang nggak ada angkutan umumnya. Jadi saat lelah, kamu sendiri yang akan kesusahan.

3. Susah Cari Penginapan

Penginapan atau hotel juga sama. Memang sih sekarang kota-kota sudah banyak punya penginapan atau hotel. Tapi, nggak selamanya mereka masih punya kamar kosong yang bisa kamu booking setiap saat. Apalagi dengan mendadak.

Merencanakan penginapan atau di mana kamu akan tidur selama liburan juga penting. Bahkan kalau kamu berencana menginap di rumah teman dan nggak tidur di hotel. Kamu tetap perlu menghubunginya terlebih dulu untuk mencari tahu apakah ia nggak sibuk dan kedatanganmu nggak akan mengganggunya.

4. Biaya Makan yang Bisa Jauh Lebih Tinggi

Saat kamu merencanakan liburanmu, biasanya kamu juga sekalian mencari informasi tentang rumah makan mana yang lezat dan dengan harga yang bersahabat. Karena kalau kamu langsung masuk rumah makan tanpa mencari tahu bagaimana pelayanannya atau harganya, bisa-bisa kamu malah kecewa.

Sudah sering ada kejadian seseorang masuk rumah makan dan terkejut karena harganya sangat mahal dan jauh di luar batas kewajaran. Nah kalau ternyata uangmu nggak cukup buat membayar semuanya, pasti rugi, kan?

5. Belanja di Tempat yang Terlalu Mahal

Beli oleh-oleh atau souvenir itu juga bisa sangat seru dan menyenangkan. Begitu melihat toko souvenir yang berdiri di pinggir jalan, rasanya ingin segera masuk dan memborong apa saja yang ada di dalamnya. Tapi, ini bisa jadi langkah yang buruk untuk kamu lakukan.

Beberapa toko memang sudah menyediakan souvenir cantik untuk dibeli para turis. Tapi, toko-toko besar biasanya mematok harga yang terlalu mahal. Belum lagi dengan koleksi toko souvenir yang satu mungkin menjual barang yang lebih bagus dan unik dari toko lainnya. Jangan sampai saat kamu sudah membeli, ternyata malah menyesal karena ada barang lain yang lebih bagus.

Nah, itulah mengapa lebih baik kamu membuat rencana dulu sebelum liburan. Nggak harus yang ketat mengikuti segala yang kamu rencanakan, fleksibel saja. Tapi paling tidak, kamu nggak akan sampai berada di situasi sulit seperti kehabisan uang, atau tersesat dan nggak tahu harus tidur di mana.