Uji Coba Skytrain Bandara Soetta Sudah Dimulai!

Seperti di bandara-bandara luar negeri, calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta akan semakin dimudahkan melakukan perpindahan dari satu terminal ke terminal lainnya. Ya, ada moda transportasi baru yaitu, Skytrain! Skytrain atau yang biasa disebut kereta tanpa awak sudah mulai dilakukan uji cobanya di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta CGK. Dalam uji coba tersebut, dijalankan dua gerbong dengan pengemudi, tetapi masih tanpa penumpang.

Menurut rencana, uji coba ini akan berlangsung selama satu bulan dan dilanjutkan dengan uji coba mengangkut penumpang. Fasilitas Skytrain ini diharapkan bisa menggantikan fasilitas shuttle bus yang selama ini melayani perpindahan antar terminal di Bandara Soekarno-Hatta. Berbeda dengan shuttle bus, Skytrain akan bergerak di jalur khusus, sehingga tidak akan rentan hambatan saat lalu lintas di kawasan bandara mengalami kepadatan.

Nantinya Skytrain Bandara Soekarno-Hatta akan beroperasi tiga train set, yang terdiri dari enam gerbong dan melayani penumpang dari Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3, dan arah sebaliknya dengan kapasitas total kurang lebih 528 penumpang. Skytrain juga akan bergerak secara otomatis tanpa bantuan tenaga manusia di dalamnya.

Melalui Skytrain ini diharapkan bisa mengurangi kemacetan yang terjadi di kawasan dan akses menuju Bandara Soekarno-Hatta, CGK. Ingin mencoba? Tunggu sampai benar-benar beroperasi secara resmi, ya. Untuk sekarang rencanakan liburan dulu, yuk. Beli tiket pesawat dan pesan hotelnya hanya di Indonesia Flight

 

Credit photo: Instagram @len_industri