Ini Dia Deretan Watersport Seru yang Bisa Kamu Coba Saat Liburan dan di Mana Tempat Mainnya

Ini Dia Deretan Watersport Seru yang Bisa Kamu Coba Saat Liburan dan di Mana Tempat Mainnya
Kalau kamu ingin mencoba liburan seru dengan berbasah-basah ria, nggak perlu sampai harus jauh-jauh ke luar negeri. Indonesia dengan wilayah kepulauannya yang berupa kepulauan dengan kawasan perairan yang luas sangat cocok untuk kegiatan watersport seru.

Ada banyak kegiatan watersport yang bisa kamu lakukan di Indonesia. Nah, berikut ini beberapa diantaranya.

1. Surfing

Surfing alias selancar merupakan salah satu permainan watersport yang banyak digemari oleh wisatawan. Hanya dengan mengandalkan papan surfing, para peselancar akan mencoba menyeimbangkan diri dengan menaiki ombak.

Di Indonesia, ada banyak tempat yang punya ombak besar dan cocok untuk kegiatan surfing. Beberapa diantaranya adalah Pulau Mentawai, G-Land, Pulau Panaitan, Pulau Bali, Lombok, dan banyak lagi.

2. Snorkeling

Snorkeling adalah kegiatan menyelam dangkal alias di permukaan. Kamu hanya perlu mengenakan fin untuk mengayunkan kaki serta masker selam dan snorkel. Dengan bantuan alat-alat ini, kamu sudah bisa menyelam di tempat dangkal dan menikmati cantiknya pemandangan karang di bawah lautnya.

Bersyukurlah kamu yang ingin mencoba snorkeling dan tinggal di Indonesia. Pasalnya, Indonesia masih termasuk jantung segitiga karang dunia dan ada banyak tempat cantik dan menarik di bawah lautnya. Kamu bisa mencoba main snorkeling ke Raja Ampat, Pink Beach, Wakatobi, Karimunjawa dan banyak lagi tempat cantik lainnya.

3. Rafting

Rafting alias arung jeram adalah wisata seru menyusuri sungai beraliran deras dengan menggunakan perahu karet. Permainan ini akan memacu adrenalin dan aliran sungainya yang deras, cepat, serta tantang lain berupa jeram-jeram yang curam.

Buat kamu pecinta olahraga ekstrim, sudah ada banyak sungai-sungai di Indonesia yang dimanfaatkan untuk watersport menantang ini. Kamu bisa menoba Sungai Alas di Aceh, Sungai Elo di Jawa Tengah, Sungai Citarik di Jawa Barat, atau Lamandau di Kalimantan Tengah.

4. Flyboarding

Flyboarding termasuk salah satu permainan air yang saat ini sedang trend. Dengan menggunakan jetpack yang terhubung dengan personal water craft (PWC), kamu bisa terbang di udara hingga ketinggian 15 meter, lho!

Meski masih terbilang baru, di Indonesia juga sudah ada banyak tempat untuk kamu mencoba permainan seru ini. Di Pulau Bali, kamu bisa mencobanya di Nusa Lembongan dan Tanjung Benoa. Sementara di Makassar, kamu bisa berangkat ke Pantai Losari untuk menikmati permainan seru ini.

5. Kite Surfing

Kite Surfing adalah permainan menaiki ombak yang memberi kesan berbeda daripada kamu sekadar bermain surfing biasa. Pasalnya, olahraga air ini menggabungkan beberapa elemen Wakeboarding dan sedikit kite-flying.

Dengan latihan sedikit, kamu bisa menaiki ombak dengan bantuan angin. Di Indonesia, ada banyak titik seru untuk bermain kite surfing seperti Sanur, Tanjung Benoa, Seminyak, dan Canggu. Jadi kalau kamu ingin mencobanya, langsung aja berangkat ke tempat-tempat cantik tersebut.

Liburan di pantai, danau atau sungai itu memang nggak hanya bisa dihabiskan dengan berenang, atau duduk-duduk di tepiannya saja. Ada banyak kegiatan seru lain yang bisa kamu coba, apalagi kalau kamu termasuk orang yang suka dengan tantangan dan petualangan. Deretan olahraga air tersebut cuma sebagian kecil kegiatan seru yang bisa kamu coba. Meski begitu, masih ada beberapa watersport seru lainnya yang siap menantang keberanianmu di atas air.

Nah, gimana nih, berani nggak coba deretan watersport seru tersebut?