Tempat Wisata di Banda Neira, Rasanya Nggak Mau Pulang Saking Kerennya

Buat Anda yang suka traveling, tentunya ada banyak spot-spot indah yang bisa ditemukan di Indonesia. Saking kerennya, turis dari berbagai penjuru dunia sampai datang ke mari untuk melihat sendiri pulau-pulau indah yang tersebar di negara ini. Nah, Anda sebagai orang Indonesia asli jangan mau ketinggalan dong. Jangan sampai orang asing malah lebih mengenal budaya negeri kita ketimbang kita sendiri yang lahir di Indonesia.

Nah, salah satu tujuan wisata yang lagi hits di kalangan traveler saat ini adalah Banda Neira. Pulau yang masih menjadi bagian dari Kepulauan Banda, Maluku, ini menyimpan sejuta pesona yang bakal bikin Anda takjub setengah mati. Supaya momen liburan Anda jadi terasa lebih seru, Indonesia Flight akan memberi info tempat apa aja yang wajib dikunjungi di Banda Neira.

1. Gunung Api Banda

Belum lengkap rasanya kalau ke Banda Neira tidak mendaki Gunung Api Banda. Gunung setinggi 670 meter ini pernah meletus pada bulan Mei 1988 silam. Jika Anda tertarik untuk mendaki gunung ini, dari pulau Neira menyeberanglah ke pulau Gunung Api yang hanya berjarak 10 menit. Untuk bisa sampai ke sana, Anda bisa menggunakan katiting, semacam perahu kecil yang hanya cukup dinaiki 3-4 orang.

Kalau ditanya kapan waktu terbaik untuk mendaki gunung tersebut, masyarakat setempat umumnya menyarankan setelah shubuh. Kenapa? Karena waktu itu terik matahari belum terlalu menyengat, sementara kalau agak siang sedikit. Bisa Anda bayangkan bagaimana panasnya? Dari atas gunung, Anda akan melihat lanskap Banda Neira yang cantiknya luar biasa.

2. Benteng Belgica

Ada satu lagi nih yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Banda Neira. Namanya Benteng Belgica. Peninggalan bangsa Portugis yang dibangun pada abad 16 ini memang menjadi salah satu daya tarik dari Banda Neira. Benteng ini dulunya digunakan untuk menghalau perlawanan masyarakat Banda yang menentang monopoli perdagangan pala oleh VOC.

Benteng yang memiliki gaya bangunan persegi lima ini kalau dilihat dari udara ternyata mirip dengan Gedung Pentagon di Amerika Serikat lho. Itulah mengapa banyak yang menjuluki Benteng Belgica sebagai The Indonesian Pentagon. Usut punya usut, Benteng Belgica ternyata juga sudah diajukan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1995. Namun, sampai sekarang itu belum mendapat persetujuan dari UNESCO.

3. Spot Menyelam Terbaik

Keindahan dunia bawah laut Banda Neira memang sudah tak diragukan lagi. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menyelam di Banda Neira. Nah, salah satu spot menyelam terbaik di Banda Neira ada di Lava Flow, karena hamparan terumbu karangnya penuh banget. Eits, tapi jangan pernah menginjak terumbu karang ya.

Buat Anda yang tidak kuat berenang lama, pastikan untuk memakai life jacket. Dengan demikian, Anda tidak akan menginjak terumbu karang di sekitar laut saat sudah kelelahan berenang. Selain di Lava Flow, Anda juga bisa menyelam di spot lain, seperti di daerah dermaga Banda Neira.

4. Gereja Tua 

Gereja tua “Hollandische Kerk” adalah salah satu tujuan wisata yang sering diburu turis saat berlibur ke Banda Neira. Dibangun tahun 1600-an, gedung bersejarah ini memang telah lama menjadi kebanggaan masyarakat Banda Neira. Namun, gereja ini sempat luluh-lantak karena gempa bumi dahsyat. Sebagai gantinya, masyarakat kembali bergotong-royong untuk membangun gereja itu lagi pada tahun 1852.

Nah, gedung yang ada sekarang adalah hasil pembangunan tahun 1852. Tertarik untuk ke sana? Lokasi gereja ini terletak di sekitar benteng Nassau. Selama masa kolonial, gereja ini sempat memberi pelayanan rohani, yang kala itu dilaksanakan dalam bahasa Belanda pada setiap hari Minggu pagi dan dalam bahasa Melayu pada sore hari.

5. Rumah Budaya

Selanjutnya, Anda bisa mampir sejenak di Rumah Budaya Banda Neira. Lokasi dari situs bersejarah ini berada tepat di depan Delfika Guest House. Di rumah ini, para traveler akan menjumpai beragam catatan sejarah tentang Banda Neira pada masa penjajahan kala itu.

Barang-barang peninggalan VOC juga dipajang di dalam rumah. Anda akan melihat beberapa jenis meriam dan lukisan yang menggambarkan situasi pada masa kolonial. Dari situ, Anda bisa lebih mengenal Banda Neira dan bagaimana budaya penduduk lokal di pulau tersebut.

6. Istana Mini

Tempat bersejarah lainnya yang patut Anda kunjungi saat ke Banda Neira dalah Istana Mini. Kenapa disebut Istana Mini? Itu karena bentuk dari bangunan ini mirip istana negara di Jakarta. Tapi ukurannya lebih kecil. Sedikit informasi untuk Anda, bangunan yang sekarang Anda jumpai sebetulnya adalah replika dari aslinya yang sebelumnya berada di dalam Benteng Nassau.

Karena bangunan sebelumnya dirasa sudah tak aman dihuni akibat gempa, pemerintah setempat memutuskan untuk membangun ulang Istana Mini (atau Kantor Gubernur) di luar benteng. Karena bangunan ini dianggap sangat bersejarah dan mewakili wajah Banda Neira, Istana Mini pun sempat diusulkan menjadi Istana Kepresiden di wilayah Indonesia Timur.

Tak perlu pergi ke luar negeri, karena ada banyak destinasi wisata keren di Indonesia yang belum Anda jelajahi. Jangan sampai keduluan sama orang asing!