Menjelajah Cantiknya Pesona Wisata Jambi

Provinsi Jambi terletak di pesisir timur Pulau Sumatera. Karena topografinya yang beragam, Jambi menyajikan jenis wisata yang bermacam-macam pula. Sekitar 60 persen lahan di Jambi adalah kebun dan hutan. Jadi, di sini kamu akan menemukan suasana yang cantik dan menyegarkan.

Meski begitu, Jambi bukan cuma berisi hutan dan kebun saja. Banyak wisata menakjubkan di provinsi ini yang akan membuatmu terpesona dengan indahnya Jambi. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi adalah peninggalan dari kerajaan Sriwijaya dan Melayu. Candi ini termasuk yang terluas di Indoesia dengan luas situs mencapai 260 hektar yang membentang searah dengan jalur sungai. Bahkan pada tahun 2009, UNESCO menetapkan candi ini sebagai salah satu situs warisan dunia yang dilindungi.

Bukan cuma bangunan candi saja yang bisa dilihat di sini. Kamu akan menemukan perkakas rumah tangga dari zaman kerajaan serta keramik-keramik Tiongkok dari dinasti Song abad 11-12 Masehi. Penamuan keramik asal Tiongkok ini membuktikan adanya hubungan internasional masyarakat Melayu dengan negara tersebut sudah ada sejak dulu. Dulunya tempat ini dipercaya sebagai pusat peribadatan agama Budha Tantri Mahayana.

2. Bukit Kayangan

Memasuki Kabupaten Kerinci, kamu akan disambut dengan daerah perbukitan hijau yang terbentang luas dengan sawah-sawah subur yang mempesona. Udara di sekitar sini akan terasa sangat menyegarkan karena masih jauh dari polusi. Untuk menikmati semua pesona alam ini dengan leluasa, kamu bisa melakukanya di ketinggian Bukit Kayangan.

Lokasinya berada di ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut. Di sinilah kamu bisa menyaksikan bentangan Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh secara menyeluruh. Dulunya bukit ini hanya berupa padepokan dengan sentuhan atap tradisional saja. Tapi kini Bukit Kayangan telah berubah menjadi taman cantik dengan bunga-bunga hias yang warna-warni.

3. Air Terjun Telun Berasap

Jambi juga menawarkan pemandangan menakjubkan air terjun yang sungguh cantik, yaitu Air Terjun Telun Berasap. Lokasinya berada di antara rimbunnya Taman Nasional Kerinci Seblat. Dengan dikelilingi oleh pepohonan lebat, kamu akan merasa takjub dengan kemegahan air terjun ini.

Air terjun ini mengalir melewati tebing-tebing terjal di ketinggian 50 meter. Jatuhnya air dari ketinggian tersebut dengan debit air yang banyak menimbulkan kabut di sekeliling air terjun. Dari situlah asal nama Telun Berasap. Di balik air terjun, terdapat sebuah goa yang sayangnya sulit dimasuki karena deras dan banyaknya air yang jatuh dari atas tersebut.

4. Danau Kaco

Kalau kamu ingin melihat danau berair sejernih kaca, maka Danau Kaco adalah salah satu tempat yang sempurna. Warna biru jernih air danaunya terlihat sangat kontras dengan hijau pepohonan di sekitar danau. Bahkan ajaibnya, danau ini mengeluarkan cahaya terang saat malam hari yang gelap terutama ketika bulan purnama.

Letaknya berada di ketinggian 1289 meter di atas permukaan laut. Ukurannya memang nggak terlalu besar, yaitu kurang lebih hanya 30 x 30 meter. Tapi indahnya pemandangan air yang begitu jernih dengan alam hijau yang segar akan menghilangkan segala rasa stresmu.

Ada banyak jenis wisata yang bisa dikunjungi di Jambi dan deretan daftar di atas hanya sebagian kecilnya saja. Berlibur ke sini, kamu bisa menemui tempat – tempat menakjubkan yang berbeda dari tempat lainnya. Jadi, jangan ragu-ragu untuk berlibur ke tempat ini, ya!

Untuk memesan tiket pesawat online, kunjungi saja Indonesiaflight.id. Ada bermacam promo tiket pesawat murah yang bisa kamu dapatkan di sana.