5 Wisata Laut Bali Selain Kuta yang Perlu Kamu Coba

Bicara soal wisata pantai di Bali, kebanyakan orang akan langsung menyebut pantai Kuta. Pantai tersebut memang salah satu yang paling terkenal, tapi juga bukan satu-satunya. Ada banyak pantai lain yang nggak kalah cantik dari Kuta dan jelas wajib kamu coba.

Beberapa pantai berikut ini mungkin masih asing di telingamu. Tapi justru karena itulah kamu wajib melihat pesona dan keindahannya dengan mata kepalamu sendiri. Apalagi dengan suasananya yang belum terlalu ramai, kamu akan merasakan serunya menikmati keindahan pantai yang sepi dan menenangkan!

1. Pantai Balangan

Pantai Dreamland dulunya masih cenderung sepi, tapi kini sudah sangat ramai oleh pengunjung dan banyaknya resort yang dibangun. Para peselancar yang dulu menantang ombak di Dreamland akhirnya bergeser ke pantai di sebelahnya yaitu Balangan yang masih belum terlalu ramai.

Pantai Balangan menghadirkan pasir putih dengan bebatuan terjal, sementara di bibir pantai berjajar warung-warung dan pondok kecil. Karena belum terlalu ramai, tempat ini sempurna untuk surfing alias berselancar karena kamu bisa leluasa mengendarai ombak pantai Balangan. Kalaupun kamu nggak bisa berselancar, kamu bisa berenang atau sekadar duduk di tepi pantai sambil menikmati pemandangan pantai yang cantik dengan tebing-tebing, pasir putih, dan air laut yang berwarna kehijauan.

 

2. Pantai Geger

Untuk kamu yang pengen menikmati ketenangan suasana pantai dengan bermain-main di pasir atau berenang di lautnya, Pantai Geger bisa jadi pilihan. Laut ini menyajikan pemandangan air yang jernih dan berwarna biru kehijauan. Pasirnya juga lembut dan tebal sehingga begitu nyaman saat dipijak. Ombaknya juga nggak terlalu besar jadi cocok untuk kamu yang ingin bersantai dan menenangkan diri.

Kawasan pantai ini terbilang masih sangat alami dan belum terjamah oleh tangan-tangan usil. Lokasinya yang sedikit tersembunyi dan jauh dari keramaian membuat kebanyakan orang lebih memilih pantai yang lain. Tapi justru itulah yang membuat kawasan ini tetap terjaga keaslian dan ketenangannya.

 

3. Pantai Amed

Pantai Amed memiliki pemandangan yang berbeda dengan pasirnya yang berwarna hitam dan bersih. Kamu nggak akan menemukan peselancar di sini karena pantai ini lebih cocok untuk mereka dengan hobi menyelam atau snorkeling. Pasalnya di sini ada beberapa puing-puing sisa reruntuhan kapal perang masa lalu di dasar laut yang menarik untuk dijelajahi.

Nggak cuma puing-puing dan sisa reruntuhan kapal saja, pantai Amed juga memiliki banyak biota laut yang mengagumkan. Berbagai jenis karang dan ikan serta makhluk laut lain bisa kamu temukan di sini. Daerah yang paling cantik di pantai ini bisa ditemukan di Jemeluk dan Lipah. Meski begitu kamu masih bisa menyaksikan gambaran Bali yang lebih alami di sepanjang garis pantai dengan pemandangan penduduk yang sibuk bekerja menambang garam dan memancing.

 

4. Pantai Ungasan

Pantai Ungasan terletak di titik paling Selatan pulau Bali. Pantai ini bisa jadi merupakan yang paling cantik di pulau Dewata, hanya saja masuk ke kawasan ini akan mengharuskanmu merogoh kocek yang agak dalam sekitar 250 ribu rupiah.

Meski biayanya lumayan mahal, tapi kamu akan disambut dengan pemandangan menakjubkan atas kereta gantung yang membawamu turun 150 meter dari tebing ke bibir pantai. Sejak dari atas kereta gantung, kamu akan melihat panorama pasir putih yang halus dengan air laut yang berwarna kebiruan. Ombak yang bergulung kuat dan menghasilkan pola garis putih cantik di bibir pantai membuat pemandangan makin terlihat cantik dan menyegarkan.

 

5. Pantai Bias Tugal

Pantai Bias Tugal atau yang sering juga disebut dengan Pantai Kecil cenderung sepi dari pengunjung. Tempat ini masih tersembunyi dan hanya wisatawan dengan jiwa petualang saja yang datang ke pantai dekat Padang Bai ini. Pantai ini tersembunyi dengan baik dan cuma bisa dicapai dengan cara berjalan kaki sejauh 500 meter melewati jalanan berbatu.

Sesampainya di pantai, kamu akan disambut dengan lautan luas berwarna biru hijau dengan pantai berpasir putih lembut dan pepohonan kelapa yang melambai perlahan. Pemandangan menakjubkan yang ditambah dengan lokasi pantai yang masih sepi menjadikan tempat ini layak disebut sebagai surga dunia yang masih tersembunyi.

 

Bali bukan cuma soal Kuta atau Sanur saja. Jika kamu ingin menjelajahi pantainya, ada banyak lokasi indah lain yang sayang sekali buat dilewatkan. Keaslian dan kealamiannya akan membuatmu terpana dan merasa berada di surga dunia.