5 Destinasi Wisata yang Bisa Kamu Jelajahi di Sumatera Utara

Berlibur ke Sumatera Utara adalah hal yang sangat sayang untuk dilewatkan. Karena di sini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menakjubkan, kebudayaan yang unik, serta wisata kuliner yang lezat. Maka jika kamu ingin berlibur, pertimbangkanlah untuk berkunjung ke Sumatera Utara.

Jangan bingung mau berwisata ke mana, karena ada banyak tempat wisata di sumatera utara yang bisa kamu jelajahi saat berkunjung ke sini. Nah, berikut ini adalah beberapa diantaranya yang jangan sampai kamu lewatkan.

1. Danau Toba

Sebagian besar orang Indonesia pasti sudah sering mendengar tentang legenda Danau Toba. Nah, daripada hanya dengar legendanya saja, ada baiknya kamu berangkat langsung dan menikmati keindahan danau tekto-vulkanik yang ada di Sumatera Utara tersebut. Pesonanya yang indah dan mengagumkan membuat danau ini menjadi salah satu objek wisata andalan di Pulau Sumatera.

Danau seluas 1.145 kilometer tersebut merupakan yang terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di sini, kamu akan merasakan udara yang sejuk dan suasana yang tenang berkat pepohonan pinus di sekeliling danau. Kemudian di tengah danau terdapat pulau kecil bernama Samosir yang luasnya hampir sama dengan Singapura serta dihuni oleh suku Batak Samosir.

 

2. Gunung Sibayak

Kalau ingin melakukan penjelajahan yang menantang di Sumatera Utara, maka Gunung Sibayak adalah jawabannya. Sibayak adalah gunung berapi aktif yang masih mengeluarkan uap panas. Puncak gunung ini berbatu-batu dan cukup menantang untuk didaki. Karena itulah, gunung ini cocok untuk kamu yang suka memacu adrenalin dengan kegiatan-kegiatan yang menantang.

Pemandangan matahari terbit di atas gunung ini juga sangat menakjubkan dan akan membuatmu ternganga. Agar bisa menyaksikan pemandangan sunrise, kamu harus mulai berangkat dari kaki gunung pada pukul 2 dini hari. Tapi jangan khawatir karena suasana malam gunung ini tetap memukau meski dilihat di malam hari berkat kelap-kelip cahaya lampu rumah penduduk. Selain keindahan panorama gunungnya, kamu juga akan menemukan aliran air dari sela-sela batuan gunung yang dingin dan sangat menyegarkan serta cocok diminum setelah lelah mendaki.

 

3. Air Terjun Sipiso-piso

Nggak jauh dari kasawan danau Toba, ada sebuah air terjun cantik yaitu air terjun Sipiso-piso. Lokasinya berada di perbukitan dengan ketinggian 800 meter di atas permukaan laut dengan dikelilingi perbukitan hijau dan pohon-pohon pinus. Nuansa hijau pepohonan dan air yang memancar keluar ini menghadirkan pemandangan yang luar biasa indahnya.

Ketika tiba di air terjun ini, kita akan disuguhi dengan pemandangan yang indah mempesona. Di arah Selatan kamu akan melihat danau yang berwarna biru, di Utara ada air terjun yang bergemuruh, sementara di Barat dan Timur akan terlihat deretan perbukitan yang menurun ke lembah menuju danau. Panorama yang menakjubkan ini hanya bisa kamu lihat di air terjun Sipiso-piso.

 

4. Air Terjun Sibolangit

Wisata air terjun lain yang nggak kalah menakjubkan adalah air terjun Sibolangit atau yang juga sering disebut dengan air terjun dua warna. Air terjun ini disebut juga dengan dua warna karena memiliki dua gradasi warna yang berbeda. Air yang tertampung di bawahnya berwarna putih keabu-abuan sementara air yang jatuh berwarna biru muda.

Nggak cuma warnanya saja yang beda, tapi begitu juga dengan suhunya. Air yang berwarna biru bersuhu dingin, sementara yang berwarna putih keabu-abuan terasa lebih hangat. Di sini kamu bisa bermain-main dengan airnya yang unik ini, tapi jangan sampai diminum. Pasalnya air terjun ini mengandung fosfor dan belerang.

 

5. Pulau Serambau, Nias

Di Kabupaten Nias Utara, ada sebuah pulau kecil yang cantik yaitu Serambau, namun ada juga yang menyebutnya dengan Sarangbaung. Di sini kamu akan disambut dengan pantai berpasir putih yang sangat luas dengan karang-karang yang gagah. Pantai ini juga terbilang sangat sepi karena hanya ada 10 kepala keluarga yang tinggal di sana dengan profesi sebagai nelayan.

Di pulau Serambau kamu bisa menikmati macam-macam aktivitas seru seperti berenang, snorkeling, memberi makan ikan, atau memancing. Di sini juga belum ada penginapan komersil, jadi jika ingin menginap kamu bisa mencoba untuk berbicara dengan penduduk setempat dan menumpang di rumah mereka. Tentu ini akan menjadi pengalaman baru yang menyenangkan!

Itulah tadi sebagian keindahan yang ada di Sumatera Utara. Tapi tentu saja masih banyak lagi panorama menakjubkan yang tersimpan di sini. Apa kamu tertarik berkunjung ke sana?