virtual office

Virtual Office, Solusi Bagi Startup Bisnis Online Baru

Dengan semakin berkembangnya internet belakangan ini dan sudah merambah semua aspek kehidupan kita, sangat wajar jika dunia bisnis pun terkena imbasnya. Apalagi sekarang ini gaya para konsumen untuk melakukan transaksi juga sudah berubah. Yang tadinya masih berupa transaksi konvensional di mana pembeli dan penjual harus bertatap muka dan melakukan transaksi secara langsung, sekarang Anda bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja dengan virtual office. Sebagai contoh konkritnya, Anda bisa tengok toko online atau e-commerce. Anda tidak pernah bertemu langsung dengan penjualnya, bukan? Anda hanya perlu memilih produk atau jasa yang Anda inginkan, melakukan pembayaran yang bisa dilakukan dengan cara transfer melalui bank atau metode sejenis lainnya, dan barang atau jasa tersebut akan segera dikirim atau dikerjakan sesuai pesanan.

Dan kita semua harus paham bagaimana internet akan semakin terus berkembang dan makin banyak masyarakat yang “melek” internet. Di sinilah letak potensi startup bisnis yang berbasis internet. Diperkirakan, tidak lama lagi, jual beli secara online akan mendominasi karena dinilai lebih praktis, lebih mudah, dan lebih cepat. Orang-orang juga semakin tidak takut lagi untuk melakukan transaksi secara online. Sebagai imbasnya, sangat wajar jika semakin banyak orang yang terjun dan membuat startup-startup bisnis berbasis online yang baru setiap harinya.

1. Kendala Startup Baru

Yang namanya memulai bisnis, apapun bentuknya itu, termasuk juga startup bisnis online baru, ada berbagai macam hal yang bisa mengganjal. Yang paling sering terjadi adalah masalah permodalan atau anggaran. Karena startup bisnis berbasis online pada dasarnya bisa dilakukan siapa saja bahkan oleh perseorangan, sangat mungkin keterbatasan modal tersebut terjadi. Di satu sisi, pebisnis baru ini mengerti bahwa bisnisnya harus memiliki semacam “basecamp” atau kantor agar usahanya dinilai lebih profesional dan kredibel. Tapi di sini yang lain terbatasnya modal membuatnya harus berpikir seribu kali untuk menyewa tempat sebagai kantor atau bahkan membelinya. Dan Anda harus tahu bahwa kondisi semacam ini dihadapi oleh hampir semua pebisnis startup yang baru.

2. Solusi Terbaik untuk Startup Baru

Jika Anda diresahkan oleh kondisi di atas, Anda bisa mulai bernapas lega karena ada sebuah solusi yang sangat pas. Anda hanya disarankan untuk menyewa kantor virtual atau yang lebih populer dengan nama virtual office. Konsepnya adalah menyewa kantor secara virtual dan Anda akan mendapatkan alamat yang pasti untuk kantor virtual Anda tersebut. Karena jenis bisnis Anda berbasis online, maka kecil kemungkinan bagi Anda untuk menghabiskan waktu di kantor. Bisa jadi Anda melakukan bisnis Anda dari rumah. Tapi dengan adanya virtual office, perusahaan atau bisnis Anda akan terkesan lebih profesional. Seolah-olah bisnis Anda bukan lagi bisnis rumahan tapi skalanya sudah besar dan menjanjikan. Inilah kenapa virtual office semakin populer belakangan ini dan kepopulerannya berbanding lurus dengan semakin banyaknya startup bisnis online yang bermunculan.

3. Jeli Memilih Virtual Office

Apabila Anda tertarik untuk menyewa virtual office, Anda bisa langsung mencari tahu jasa yang menyewakannya. Tapi Anda harus jeli dalam melakukannya karena salah-salah Anda bisa gigit jari nantinya. Hanya pilih jasa persewaan virtual office dengan reputasi yang sudah terbukti. Dengan demikian, Anda bisa langsung berharap dapat mengoperasikan bisnis Anda dengan menggunakan virtual office tersebut sesegera mungkin. Dan pada saat yang sama, Anda juga bisa menekan timbulnya masalah di kemudian hari. Bandingkan harga penyewaan virtual office yand ditawarkan agar Anda bisa mendapatkan harga yang terbaik.